"With peaks of joy and valleys of heartache, life is a roller coaster ride, the rise and fall of which defines our journey. It is both scary and exciting at the same time." - Sebastian Cole

Monday, June 22, 2015

Comic Review: Hirameki Hatsume-Chan 3


Judul: Hirameki Hatsume-Chan 3
Penulis (komikus): Daioki
ISBN: 978-602-7975-81-1
Penerbit: Bentang Komik (PT Bentang Pustaka)
Penerjemah: Adinda Hafizh
Tebal: 132 halaman
Cetakan pertama, Maret 2014.


Blurb:
Kemampuan kotak buatan Hatsume semakin canggih, lho! Layaknya robot, kotak ajaib Hatsume bisa melakukan berbagai macam pekerjaan manusia. Pekerjaan apa saja ya, itu? Yuk, ikuti lagi kelanjutan cerita Hatsume dan kotak ajaibnya yang lucu dan menggemaskan ini!

Seperti yang ada di blurb, Hirameki Hatsume-Chan berisi kumpulan cerita keseharian Hatsume yang banyak terbantu oleh kemampuan kotak buatannya. Layaknya robot hebat, kotak Hatsume bisa melakukan berbagai macam pekerjaan manusia. Di komik yang ketiga ini cerita berlanjut dari episode 29 sampai episode 42.

Gak banyak sih yang bisa saya jabarkan di sini. Mungkin karena saya gak ngikutin dari komik yang pertama, saya jadi gak ngerti asal-usul kotak di kepala Hatsume ini. Jadi banyak pertanyaan di kepala saya pas baca komik ini. Kayak, Hatsume ini sebenarnya anak manusia beneran apa bukan? Soalnya ekspresinya datar-datar aja gitu keliatannya. Masalah gambar keseluruhan sih gak ada masalah.

Inti ceritanya sih ya mirip lah kayak kebanyakan komik dengan premis alat ajaib. Di sini si kotak bisa disulap jadi apa aja dan sangat membantu. Udah gitu aja.

Lucu gak? Em, lumayan. Tapi buat ukuran komik (yang kayaknya sih maunya humor), lucunya kurang. Gak tau ya, sebagian ada yang garing gitu. Mungkin karena terjemahan dan di Indonesia gak bisa nyambung dengan lelucon itu. Kayak mungkin itu lelucon lokal Jepang, jadi yang ngerti ya orang-orang sana, pas diterjemahin gak dapet lucunya (??) Atau pas baca lagi gak dapet mood-nya aja kali ya. Ini contohnya:

Jadi si Hatsume dan Ayahnya nih mau BBQ-an di halaman ngajak Tak-Kun dan Kei-Chan (temennya Hatsume). Lalu Hatsume bilang, “Kita harus siap-siap. Seperti bola.” Nah dibales deh sama Ayah, “Oh, mau main bola habis makan BBQ, ya?” lalu apa coba jawaban si Hatsume? Jawabannya kayak gini, “Bukan begitu. BBQ itu sama dengan kasti atau pingpong, kan?” NAHHHH! Saya gak ngerti deh itu maksudnya apa. Dari percakapannya sih harusnya lucu kan, tapi ya saya jadinya gak ketawa gara-gara gak ngerti.

Wah, gak bisa panjang-panjang nih review-nya. Bingung mau bahas apa lagi. Intinya saya kurang bisa menikmati dan gak berniat mengoleksi komik yang kesatu dan duanya. Cukup sampai di sini aja ya, Hatsume. Babay.

Terakhir, ini bonus percakapan Hatsume dan teman-temannya:
Tak-Kun: Hari ini kita karya wisata ya?
Hatsume: Iya.
Hatsume: Jadinya ngapain, ya?
Kei-Chan: Ya karya wisata dong.
Tak-Kun: Maksudnya?
Hatsume & Kei-Chan: Nanti itu berkarya atau berwisata.. ?
Tak-Kun: NGGAK DIPISAH KALI!!!

2 of 5 stars.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...