"With peaks of joy and valleys of heartache, life is a roller coaster ride, the rise and fall of which defines our journey. It is both scary and exciting at the same time." - Sebastian Cole

Tuesday, December 30, 2014

2015 Joglosemar Tantangan Babat Timbunan

Ini reading challenge pertama saya untuk tahun 2015, yey!


Ada beberapa hal yang mendasari saya untuk ikut challenge ini:

1. Challenge ini baik hati dan kreatif banget, bisa mewadahi dan memotivasi lagi.
2. Efek positifnya saya yakin bakal kena langsung ke saya tanpa ba-bi-bu. Sebagai seorang pelajar yang belum berpenghasilan, saya harus diet beli buku!
3. Tahun 2014 ini saya secara official jadi penimbun buku. Gak kayak tahun-tahun sebelumnya yang kalau beli buku (hampir) pasti selalu langsung dibaca, tahun ini malah gak dibaca-baca. Yah, gak terlalu banyak sih timbunan saya, cuma sekitar 25 buku setelah didata (e-book belum keitung, buku-buku yang dipinjem temen jua belum diitung). Tapi buat saya justru itu udah banyak banget. Jadi harus babat timbunan!
4. Tahun ini saya rasa banyak kebutuhan lain yang bakal harus dibeli selain buku, jadi saya gak boleh terbius obralan!
5. Buku yang belum dibaca harus segera dibaca biar berkah.
6. Karena harusnya to-be-read-list itu cuma maksimal 5 aja.
7. Biar ada yang mengingatkan, beli buku kalau udah jadi wishlist aja pokoknya.
8. Karena banner-nya cantik banget, saya suka!
9. Supaya tabungan gak kekuras! Balik lagi ke point no. 2, 4, dan 7 (yang sebenernya dari tadi intinya sama aja).
10. Mengingat dan menimbang-nimbang point no. 3, 5, dan 6.


Motto-nya jadi: PUASA DAN BABATLAH!


Rambu-rambu peraturannya:
  • Tidak perlu membuat Master Post. Tapi kalau mau buat, itu akan sangat membantu dalam mendata buku untuk sementara. Sekaligus jadi semacam reminder bahwa kalian sudah berjanji untuk diet beli buku dan babat timbunan.
  • Pasang banner JOGLOSEMAR Tantangan Babat Timbunan di sidebar blog kamu dan link-kan ke Master Post. Kalau nggak buat Master Post, silakan link ke post ini.
  • Daftarkan blogmu (atau facebook) ke linky dibawah ini. Ajak yang lain, semakin banyak teman, semakin besar tingkat keberhasilanmu.
  • Tetapkan target, minimal habiskan 5 timbunan (buku). Selebihnya boleh kamu tetapkan sendiri, mau pasang target 7 buku, 10 buku, atau 15 buku sebelum beli buku baru no problem, silakan aja kalau kuat.
  • Be self-dicipline. Buat rulesmu sendiri (cek opsi rules di bawah). Flexibel aja, semampunya, tapi disiplin. 
  • Tantangan ini berlaku sepanjang tahun 2015, dimulai dari  1 Januari 2015 - 31 Desember 2015.
  • Di akhir tahun, silakan buat wrap up post untuk mereview hasil tantanganmu. Sukses atau nggak?
  • Enjoy the challenge. 

Untuk lebih jelasnya, silahkan klik ke sini atau klik banner di bawah.



Nah, sekarang bikin perjanjiannya:

Opsi rules:

1. Buy 1 book after read 5 books
2. Buy books after read 5 books
3. Add 1 e-book after read 5 books
4. Add e-books after reads 5 books
5. Borrow or swap 1 book after read 5 books
6. Borrow or swap books after read 5 books
7. Collect 1 book after read 5 books
8. Collect books after read 5 books

So, I pledge myself to read 5 books before buy (maximum 3) books, add one e-book, and borrow or swap books.
Semangat!

UPDATE!!!

Memperbaharui dan memperketat perjanjian, sehabis baca 5 buku, saya boleh 'menghadiahi' diri saya seperti perjanjian di atas namun dengan tambahan aturan: buku yang di beli, e-book yang ditambah, dan buku yang saya pinjam tidak boleh lebih dari 5. Jadi, ketika saya sudah membeli 3 buku dan menambah 1 e-book dalam timbunan saya setelah baca 5 buku, saya hanya boleh menambah 1 buku pinjaman lagi. Atau ketika saya sudah pinjam 4 buku setelah berhasil baca 5 buku, saya hanya boleh beli 1 buku lagi atau menambah 1 koleksi e-book, begitulah.
Aturan berikutnya, komik tidak termasuk dalam hitungan 5 buku perjanjian. Namun, pembelian atau peminjaman komik terhitung dalam buku-buku yang boleh saya 'hadiahi' untuk diri saya setelah baca 5 buku itu. Haha, tahun ini saya pengin bener-bener hemat.

Ronde 1:
CoupL(ov)e by Rhein Fathia
CallaSun by Yuli Pritania
Balada Ching-Ching by Maggie Tiojakin
Chemistry of Love by Netty Virgiantini
Four Season's Tales by Yuli Pritania

Buku yang dibeli, pinjam, atau e-book yang ditambah:
Let it Snow - Dalam Derai Salju by John Green, dkk.
Everyday by David Levithan (e-book)

Ronde 2:
The Naked Traveler Anthology by Trinity, dkk.
Autumn Sky by Aiu Ahra
Let it Snow - Dalam Derai Salju by John Green, dkk.

Semangat! Semangat!

2 comments:

  1. Thank you for liking my banner :) (haha seneng deh sekalinya bikin banner abal2 ada yg muji)

    Thank you for join with us. Good luck yaa, semoga sukses babat timbunan!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, tapi emang bener bagus kok! Thank you, Mbak. Makasih juga udah bikin challenge kayak gini.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...