"With peaks of joy and valleys of heartache, life is a roller coaster ride, the rise and fall of which defines our journey. It is both scary and exciting at the same time." - Sebastian Cole

Sunday, December 28, 2014

Wrap Up: Goodreads 2014 Reading Challenge

Ini pertama kalinya ikut reading challenge karena baru tahun ini jugalah saya bikin akun di goodreads - tepatnya bulan Mei lalu. Ceritanya gini, saya memang udah kenal goodreads dari lama dan membantu banget buat pertimbangan beli-beli buku, tapi tetep saya gak berminat gabung karena dipikir sayanglah buat-buat akun kalau gak keurus. Namun suatu hari, gak tahu kenapa berubah aja mind-set-nya, jadi deh bikin akun. Apalagi ternyata di goodreads bisa ikut giveaway, wah, saya tambah semangat dong (walau sampai sekarang belum pernah menang). Belum banyak buku yang saya review di sana, tapi kalau sekedar rate, pasti saya kasih  setelah selesai baca.




Kembali ke reading challenge-nya, saya akui kecepatan membaca saya itu siput banget, jadi buat set-goal gak berani banyak-banyak ya, haha. Awalnya di-set 23 buku untuk satu tahun. Tapi di bulan Juli atau Agustus gitu, saya rasa bisa lebih banyak baca, ya udah saya naikin goal-nya jadi 27 buku. Namun, mendekati November saya berubah pikiran, takut gak terpenuhi challenge-nya karena belum juga complete sampai bulan itu padahal November harus konsentrasi ke sekolah, jadi saya set ulang goal-nya turun jadi 25 buku. Alhamdulillah, completed, yey! Malah gak disangka-sangka saya bisa baca 31 buku bulan ini - ternyata goal 27 buku juga terlampaui. Tapi sengaja gak saya set ulang, biar aja tetep 25 buku.


It's a wrap up!


So, the books are:

1. Kepulang Kelima by Irwan Bajang: Ini buku kumpulan puisi hadiah dari ikut acara baca puisi di Jogja yang diselenggarakan sama penulisnya langsung dan salah satu penerbit buku gitu. Saya suka, puisinya bagus-bagus, apalagi bukunya plus CD dan tanda tangan penulisnya - 3 of 5 stars.

2. Antologi Rasa by Ika Natassa: 3 of 5 stars.

3. Rectoverso by Dee: 3 of 5 stars.

4. Madre by Dee: 4 of 5 stars.

5. Filosofi Kopi by Dee: 4 of 5 stars.

6. Seasons To Remember by Ilana Tan: Mengobati rasa kangen baca tetralogi 4 musim. Untungnya di perpustakaan sekolah ada buku ini, soalnya kalau harus beli, jujur saya lebih pilih buku yang lain, haha. Alasannya ya karena ini isinya cuma kumpulan quotes dari 4 novel musim itu. Awalnya saya pikir buku ini kayak berisi kumpulan cerita pendek kelanjutan tetraloginya semacam cerpen Ilana Tan di Auntumn Once More - 3 of 5 stars.

7. Drunken Monster by Pidi Baiq: Lucu, tapi jangan ditiru kelakukan penulisnya karena isinya kelakukan-kelakuan nakalnya. Yang saya suka tagline di bukunya, "Untuk 198 tahun ke bawah", haha! 3 of 5 stars.

8. Crash Into You by aliaZalea: Pengalaman pertama saya baca buku aliaZalea sekaligus pengalaman pertama baca buku hot, pinjem dari temen. Suka sih, meski gak bisa suka sama karakter tokohnya - 3 of 5 stars.

9. The Infamous by Silvia Arnie: Buku lama GagasMedia, beli murah kolpri. Jalan ceritanya simpel, cover-nya bagus walau sebenernya saya gak suka warna kuning. Judul dan blurb-nya justru mengarah ke si temennya tokoh utama bukan tokoh utamanya. Suka deh, karena mungkin gak ada ekspektasi apa-apa waktu beli dan jatuhnya malah memuaskan jadi bikin seneng - 3 of 5 stars.

10. Dirty Little Secret by aliaZalea: Wahaha, karena ketagihan baca karya aliaZalea, jadi pinjem lagi ke temen dan iya, yang ini lebih bagus! Temen saya juga bilang gitu. Konfliknya  lebih dewasa dari Crash Into You dan tokohnya lebih loveable juga buat saya - 3 of 5 stars.

11. Beautiful Sorrow by Pia Devina: Dapet novel ini langsung dari hadiah kuis yang diadain penulisnya. Thanks, Kak Pia! Saya menikmati waktu bacanya, dan bikin saya penasaran mau baca lagi karya-karya yang lainnya, soalnya Kak Pia Devina ini terbilang penulis yang produktif, tahun ini buku barunya yang terbit banyak banget! 3 of 5 stars.

12. Eclair by Prisca Primasari: Buku pertama dari penulis yang saya baca. Bahasanya baku tapi ngalir banget dan duh, spoiler boleh ya? Pas Stepanych meninggal dan adegan Sergei yang gak nangis dan ikhlas dan kuat banget melewatinya, saya malah jadi terharu. Dari situ saya tahu Mbak Prisca ini bakalan jadi salah satu penulis favorite saya - 3 of 5 stars.

13. Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990 by Pidi Baiq: Suka bangeeeet, gak bohong! 5 of 5 stars.

14. Hidden Agenda by Julian Jacob: 3,5 of 5 stars.

15. Mere Matkadevi by Tulus Ciptadi Akib: Salah satu buku dari bingkisan LitBox. Konsep bukunya unik banget! Walaupun sebagian namanya agak maksa gitu ya, tapi banyak banget cerita yang menginspirasi dari sini, dan gak jarang juga ceritanya lucu-lucu gitu - 4 of 5 stars.

16. Sabtu Bersama Bapak by Adhitia Mulya: Karena mungkin ekspketasi saya yang ketinggian, novel ini cuma bisa saya bilang lumayan. Ada satu part yang paling saya inget banget, ini clue-nya: Cakra, jodoh, sepatu, musholla, duh saya gak ngira jawaban Cakra bakal kayak gitu pokoknya, haha! 4 of 5 stars.


18. Interlude by Windry Ramadhina: 3 of 5 stars.

19. Save My Soul by Falla Adinda: 2,7 of 5 stars.


21. Soba Ni Iru Yo by Yoana Dianika: Tokoh utamanya sering banget ceroboh terus tersesat! 2 of 5 stars.

22. Kukila by M. Aan Mansyur: 3 of 5 stars.


24. Rain Over Me by Arini Putri: Cuma, mau pamer dulu ya, saya udah pernah ketemu penulisnya lho, haha! Dan ternyata Mbak Arini ini dulu SMA-nya tetanggaan sama SMA saya. Untuk cerita Rain Over Me, Korea banget memang dan yang bikin bingung adalah diceritain si tokoh utamanya berkerudung dan latarnya di Korea, tapi ya udah, masalah kerudungnya gitu aja gak ada kelanjutannya - 2 of 5 stars.

25. Best Friends Forever by Orizuka: 2 of 5 stars.

26. Let Me Kiss You by Christina Juzwar: 2,79 (emang sengaja dibuat nanggung, hehe!) of 5 stars.

27. Guilty Pleasure by Christian Simamora: 2 of 5 stars.

28. The Pilot's Woman by Dahlian: 3 of 5 stars.


30. Looking For Alaska by John Green: 4 of 5 stars.

31. Love & Misadventure by Lang Leav: 4 of 5 stars.

Yap, emang sedikit. Semoga tahun-tahun berikutnya saya bisa lebih banyak baca, rajin update, dan bacanya gak cuma romance-fiksi aja ya. Bye-bye!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...