"With peaks of joy and valleys of heartache, life is a roller coaster ride, the rise and fall of which defines our journey. It is both scary and exciting at the same time." - Sebastian Cole

Saturday, December 27, 2014

My Reading Habit

Hai! Hai! Mau ngerasain nih gimana rasanya jawab-jawab pertanyaan macam bilbo gitu. Emang gak dapet tag dari siapa-siapa sih, pertanyaan-pertanyaannya kebetulan dapet pas lagi blog-walking ke sini dan gak sengaja, karena rasanya bakalan asik -- well, intinya ini dia kebiasaan-kebiasaan saat baca:


Do you snack while you read? If so, what is your favourite reading snack? No, I don’t. Karena saya biasanya baca buku di kasur, jadi nyemil-nyemil gitu jarang karena dilarang orang tua makan di kasur.

What is your favourite drink while reading? Em, air putih mungkin. Minum cuma kalau di tengah-tengah baca ngerasa haus aja.

Do you tend to mark your books as you read, or does the idea of writing in books horrify you? Haha, saya termasuk kategori yang pilihan kedua. Rasanya sayang kalau harus coret-coret di buku (kecuali buku pelejaran, ya!). Jadi kalau ada yang mau ditandain, biasanya pakai sticky notes atau malah dicatet halamannya di HP.

How do you keep your place while reading a book? Bookmark? Dog-ears? Laying the book flat open? Bookmark. Kecuali kalau tahu mau berhenti bacanya cuma sebentar (biasanya karena haus, laper, atau dipanggil orang tua, haha), baru deh berani nandain bukunya dengan cara dibuka terus digeletakin gitu.

Fiction, non-fiction, or both? Well, both. Saya sukai baca buku puisi dan kayaknya bakal suka baca buku-buku motivasi yang halamannya full colour dan gambar itu. Tapi ya, buku fiksi paling favorite! 

Are you a person who tends to read to the end of a chapter, or can you stop anywhere? I can stop anywhere, karena di sinilah shift tugas si bookmark diperkuat, haha.

Are you the type of person to throw a book across the room or on the floor if the author irritates you? Wah, gak separah itu sih. Walaupun sebel, saya masih sayang sama buku fisiknya, gak tega. Kalau saya lagi sebel gitu, yang kebanyakan kerja biasanya mulut bukan tangan. Nih ada gambarnya:


If you come across an unfamiliar word, do you stop and look it up right away? Enggak. Pas lagi bacanya, ditebak-tebak aja dulu artinya apa. Abis selesai bacanya, kalau keinget-inget terus, saya terus baru cari artinya. Beda lagi kalau pas saya baca, di samping ada orang lain gitu, saya biasanya langsung nanya barangkali mereka tahu.

What are you currently reading? Kalau di status goodreads sih Tomodachi by Winna Effendi sama Galila by Jessica Huwae. Tapi nyatanya, bukan buku-buku itu, abis saya update status yang itu (sekitar bulan Agustus), bukunya malah gak saya lanjut baca padahal baru beberapa halaman, mungkin nanti ya. Sekarang yang lagi bener-bener dibaca adalah: CoupL(ov)e by Rhein Fathia.

What is the last book you bought? Balada Ching-Ching by Maggie Tiojakin. Beli obralan di Togamas dengan harga 10K aja.

Are you the type of person that reads one book at a time, or can you read more than one? Dulu saya selalu berusaha selesain baca satu buku dulu baru baca yang lain. Sekarang beda, kalau lagi baca terus di tengah-tengah mood-nya kemudian ilang dan pengin ganti baca yang lain, ya saya ganti buku lain.

Do you have a favourite time or place to read? YAP! Kamar tidur pastinya, udah paling nyaman di situ. Atau tempat favourite kedua adalah kursi bus atau mobil, karena perjalanan dari sekolah ke rumah atau sebaliknya lumayan makan lama, sekitar hampir 1 jam. Yang paling harus adalah sepi, gak ada yang ngajak ngomong saya baru saya bisa konsentrasi baca deh.

Do you prefer series book or stand alones? I like both of them, asal jangan tebel-tebel aja.

Is there a specific book or author you find yourself recommending over and over? Yes! Dilan by Pidi Baiq salah satu contohnya.

How do you organize your books? (by genre, title, author’s last name, etc.) Nanti kalau udah punya rak khusus, rencananya mau disusun berdasarkan warna cover! Aaaaah, semoga cepet kesampaian! Doain ya, guys!

So, these are my reading habit. Ternyata buat beginian serunya sama kayak pas lagi baca-baca postingan orang lain ya, haha!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...