"With peaks of joy and valleys of heartache, life is a roller coaster ride, the rise and fall of which defines our journey. It is both scary and exciting at the same time." - Sebastian Cole

Sunday, January 11, 2015

Comic Review: Cinta Sang Fashionista


Judul: Cinta Sang Fashionista
Penulis: Archie the Redcat, Gita Juwita, Bijou
ISBN: 978-979-234-556-8
Penerbit: M&C!
Penyunting: Gupta Mahendra S.
Ilustrasi sampul: Archie the Redcat
Desainer grafis: Heru Lesmana
Cetakan pertama, 2011.


Blurb:
Panel by Archie the Redcat 
Pernah punya teman yang hobi sekali menggambar saat di kelas, kan? Nah, Fey adalah orang seperti ini. Baginya, menggambar apalagi membuat komik adalah segalanya. Apalagi saat ia mendapat pujian dari komikus terkenal. Ia pun yakin sendirian bisa memenangkan lomba yang diadakan penerbit komik... sampai sekelompok teman Fey menghancurkan naskah komiknya! 
Cinta Sang Fashionista - Pakai Baju Apa Hari Ini? by Gita Juwita 
Ghea dikenal sebagai orang paling punya fashion sense di sekolahnya. Suatu hari ia bertemu Leoni, stylist terkenal artis, yang mau menerimanya bekerja sebagai asistennya, dengan syarat: Ghea harus bisa membuat Yanuar, adik Leoni yang culun jadi keren! Gawat! Soalnya Yanuar adalah salah satu anak yang masuk kategori cowok jangkis kronis: jangkung-kurus-najis! 
Between You and Me by Bijou
Untuk kesepuluh kalinya, Erin dihukum jemur di depan tiang bendera kerena telat datang ke sekolah. "Gantengnya" matahari pagi sama sekali nggak seberapa... tapi malunya itu! Apalagi ditertawakan oleh Aditya sang kakak kelas paling cakep di sekolah. Anehnya, saat bertemu langsung Aditya esok hari, Aditya sama sekali jauh dari sosok hangat yang menertawakan Erin dari kelas...


Review komik pertama saya! Agak bingung sih apa yang mau di-review, jadi mungkin saya bakal bahas-bahas perasaan saya pas baca aja ya. Komik ini saya beli udah lama banget, lupa juga alasan belinya karena apa. Tapi seinget saya ini komik koloni (komik Indonesia) pertama yang saya baca. Bahkan di dadepan dan belakangnya aja masih ada iklan buat download game di HP yang via sms, hehe, kocak.




Komik yang membalut 3 cerita dengan benang merah kisah anak SMA ini (kalau diketagorikan berarti young adult kan ya) berhasil me-refresh tubuh saya karena bikin ketawa. Bukan ketawa yang gimana-gimana sih, dari segi cerita simpel aja, cuma ada beberapa adegan di gambarnya jadi lucu gitu khas komik-komik.

Tiga cerita yang ditulis dan digambar oleh 3 orang berbeda tentunya punya kesan dan kekhasan yang berbeda-beda juga. 


Panel by Archie the Redcat




Bercerita tentang Fey, anak kelas 1 SMA yang hobi banget bikin komik tapi gak pernah PD buat nunjukin hasil karyanya di depan teman-teman dia. Alasannya karena dulu dia sering banget diejek. Bertemulah dia dengan Angga, Lanang, dan Nesya yang sebenernya sama-sama suka menggambar komik. Tapi pertemuan mereka gak diawali dengan hal yang menyenangkan. Angga, Lanang, dan Nesya tanpa sengaja malah menghancurkan naskah komik yang Fey buat untuk lomba.

Gambarnya rapi, bagus, dari segi cerita ya lumayanlah, simpel. Ada Angga yang ganteng-ganteng kocak. Dari cerita ini kita diajarkan kalau teman itu berguna banget dalam hidup kita. Bahkan Nesya yang tadinya galak pun ternyata baik hati.


Cinta Sang Fashionista - Pakai Baju Apa Hari Ini? by Gita Juwita




Sum up! Gak perlu ditulis sinopsisnya ya? Blurb-nya udah menggambarkan sebagian besar isi cerita. Bagian ini gambarnya agak lebih acak-acakan, tapi justru penggambaran kocaknya banyak banget di sini. Muka Ghea si tokoh utama aja bisa berubah-ubah jadi serem banget, lucu banget. Ceritanya lebih banyak mengangkat fashion-nya bukan latar sekolahnya. Adegan paling lucu adalah setelah fashion show, Ghea yang tadinya mau nyium Yanuar, malah ketangkep basah dan jadinya digambar kayak mau nelen si Yanuar, kocak banget.


Between You and Me by Bijou




Kalau yang ini gambarnya malah lebih rapi lagi. Dari segi cerita pun lebih rumit dibanding 2 cerita sebelumnya. Kisah cintanya kentel banget, dramanya kerasa. Apalagi ya? Ya udah gitu aja deh. Oiya! Ada yang janggal (gak janggal juga sih sebenernya), cuma gini, mereka kan masih anak SMA dan setting-nya di Indonesia tapi mereka kiss-kiss aja gitu di tepi jalan, hfffffh. Lainnya oke tapi.


Lucu. Lucu. Lucu. Saya seneng baca komik koloni yang kayak gini. Oiya, cover depannya juga bagus ya. Ghea di depan sama Ghea di cerita, gambarnya beda. Soalnya cover depan dibuatnya sama penulis Fey, bukan Ghea, haha. Baca komik romance-young adult gini emang asik ternyata. Dari tiga cerita di atas favorite saya: Cinta Sang Fashionista!
3 of 5 stars.

6 comments:

  1. Halo, salam kenal :)
    komik Indonesia kayaknya ada iklan dulu ya sebelum masuk ke ceritanya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallooo, salam kenal juga. Haha, iya ya? Yang sekarang, terbitan 2014 atau 2015 juga masih beriklan gak ya?

      Delete
  2. kalo komik m&c memang ceritanya singkat dan fun, jadi agak susah diresensi. :D aku pernah baca sekali, pas selesai bingung mau ngeresensinya. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, betuuuul! Abis selesai baca, bengong dulu mikirin mau ngeresensi kayak gimana.

      Delete
  3. Aku koleksi koloni (komik lokal Indonesia) *biarpun belum baca sih* sekilas nggak ada iklannya kok. :3 *sekilas sih*

    Btw, nice review, Kak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahaha, asik dong. Jadi pengin baca koloni lagi deh. Btw, thank you.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...