"With peaks of joy and valleys of heartache, life is a roller coaster ride, the rise and fall of which defines our journey. It is both scary and exciting at the same time." - Sebastian Cole

Friday, January 23, 2015

Comic Review: Kumpulan Cerita Berwarna Doraemon


Judul: Kumpulan Cerita Berwarna Doraemon (Buku 5)
Penulis: Fujiko F. Fujio
ISBN: 978-979-27-8017-8
Penerbit: PT Elex Media Komputindo
Alih bahasa: Yenny Hendrawati
Editor: Sari
Desain sampul: Agus Salim
Cetakan pertama, 2010.
Harga: IDR 29.800

Blurb:
"Lho!? Kok, Doraemon warnanya mengilat!" Pasti banyak orang yang terkejut dengan gambar di sampul buku ini. Wajar saja kalau kalian tidak terbiasa. Ini adalah gambar DORAEMON yang sangat langka, yang hanya digambar sekali saja oleh Fujiko. F. Fujio Sensei pada edisi perdana serial komik di Jepang. Lucu, ya...
Dan seperti biasanya, cerita-cerita yang ada di dalamnya pun sangat menghibur. Selamat membaca!!

Siapa yang gak kenal sama robot kucing satu ini? Apalagi akhir tahun kemarin film terbarunya rilis. Haha, itu juga sih yang bikin minat saya tertarik untuk membaca komik ini setelah sekian lama dianggurin. Sampai  halaman belakang udah lepas saking seringnya dibaca adek, tapi belum pernah saya baca. Awalnya saya pikir, Doraemon ini cukuplah saya nikmati versi film animasi tiap Minggu aja, tapi ternyata baca komiknya menyenangkan juga.

sorry for bad quality.
Kumpulan Cerita Berwarna Doraemon ini menyajikan cerita-cerita pendek lucu yang kebanyakan berwarna. Berisi 19 cerita, di buku kelima ini di awali dengan kisah kemunculan Doraemon yang mengejutkan Nobita dengan judul "Doraemon Datang Dari Masa Depan". Eh, tapi cerita munculnya Doraemon di komik ini beda lho sama yang versi film - Stand By Me - itu! Mungkin cerita ini kali ya yang dimaksud di blurb edisi perdana serial komiknya di Jepang. Soalnya di cerita yang ini bentuk si Doraemon emang mengkilat agak tinggi kayak di cover itu.

Cerita selanjutnya berjudul "Hantu Yang Lemah". Hahahaha, cerita favorite saya! Di sini unsur lucunya bukan lagi dari Nobita dan teman-temannya, tapi dari si hantu-hantu itu. Dari mulai cerita ini ke cerita-cerita selanjutnya, bentuk si Doraemon udah normal seperti yang biasa kita liat.

Well, 17 cerita lainnya gak jauh-jauh dari kisah jenaka Nobita dengan kantung ajaib Doraemon yang biasa kita liat lah ya. Nilai lebih karena komiknya berwarna, jadi bacanya tambah seneng. Walau gak semuanya full warna, ada beberapa yang hitam-putih, ada beberapa yang berwarna tapi gak full jadi kayak lebih keoren-orenan gitu. Sejujurnya saya kembali bingung mau nge-review apa lagi.  Kekurangannya sulit saya rasa karena saking terbiasanya sama cerita Doraemon dari kecil. Rasanya ya sudah, memang begitulah Nobita dan Doraemon dengan kehidupan mereka.

Ada satu hal menarik lainnya, di halaman akhir ada cerita lahirnya Doraemon. Jadi, Doraemon ini awalnya diterbitkan sebagai serial di majalah pelajaran berbagai tingkat sekolah di Jepang. Yaitu SD kelas 1 - 4, edisi kanak-kanak, dan edisi untuk anak TK. Meski diterbitkan sekaligus di 6 majalah itu, cerita yang diterbitkannya berbeda-beda. Begitu pula dengan cover-nya. Cover yang dipakai untuk "Kumpulan Cerita Berwarna Doraemon Buku 5"  ini merupakan cover perdana yang buat edisi kelas 2 SD dulu itu.

Kemudian Doraemon berkembang dan semakin dikenal, desain karakternya juga berkembang. Dari yang awalnya mengilat agak tinggi kayak di cover, jadi lebih bungkuk dengan postur yang lebih gempal kayak sekarang. Di halaman paling akhir, paragraf paling akhir ada tulisan ini:
"Koleksi cerita ini disusun dari komik-komik yang digambar dengan warna, selama kurang lebih 3 tahun dengan gaya yang cukup stabil dengan mengurangi perubahan besar tersebut. Semuanya adalah kumpulan karya berharga yang belum diterbitkan oleh Tentomushi Comics. Terlebih lagi, komik-komik hitam-putih pada masa-masa ini juga banyak yang dimasukkan dalam Tentomushi Comics. Bagaimana jika kalian coba membaca kembali komik-komik tersebut dengan kenangan akan cita rasa ciri khas komik-komik masa awal?"
 Kalau kamu setuju, komik Doraemon berwarna ini recommended buat kamu!
3 of 5 stars.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...